Skripsi
PENGARUH PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA SEKOLAH TINGGI TEOLOGI BERITA HIDUP KARANGANYAR
XMLKata kunci : pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan, prestasi belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti yang dimaksud dengan pengaruh pembelajaran aktif, keratif, efektif dan menyenangkan, meneliti yang dimaksud dengan meneliti yang dimaksud dengan prestasi belajar mahasiswa Sekolah Tinggi Teologi Berita Hidup dan untuk menemukan pengaruh pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan terhadap prestasi belajar mahasiswa Sekolah Tinggi Teologi Berita Hidup.
Penelitian ini dilakukan agar dapat membuktikan kebenaran hipotesis yang diajukan, yang berbunyi: diduga pengaruh pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa Sekolah Tinggi Teologi Berita Hidup.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengam menggunakan metode deskriptif dan survei. Populasi dalampenelitian ini berjumlah 50 responden yang melibatkan mahasiswa Sekolah Tinggi Teologi Berita Hidup. Instrument dalam penelitian ini menggunakan angketatau questioner,pedoman observasi, studi pustaka dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah memberikan angket, melakukan pengamatan secara langsung, dan melakukan wawancara. Untuk menganlisis data menggunakan rumus aplikasiSPSS 24, dengan langkah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi dasar,analisis desktriptif statistic, uji normalitas, uji linieritas, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan ialah sebuah metode pembelajaran yang dapat membuat mahasiswa menjadi aktif, mengembangkan kreativitas yang mereka miliki, suasana kelas yang efektif namun tetap menyenangkan. 2) Prestasi belajar ialah sebuah aktivitas yang dilakukan individu sebagai hasil atau upaya yang dicapai oleh setiap individu dan mengalami perubahan pengetahuan, sikap dan bersifat permanen. 3) Pengaruh Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan berpengaruh secara signifika terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Sekolah Tinggi Teologi Berita Hidup sebesar 46,1% yang berarti signifikansi atau meyakinkan bahwa ada hubungan yang positif, angka hasil pengaruh antar variabel X dan Y menunjukkan pada pengaruh kategori sedang.
Detail Information
Item Type |
Bachelor's Thesis
|
---|---|
Penulis |
Ayu Nova Yemima - Personal Name
|
Student ID |
2019.2.634
|
Dosen Pembimbing |
Dr. Hardi Budiyana - 2312076801 - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji |
Dr. Hardi Budiyana - 2312076801 - Ketua Penguji
|
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
In Press
|
Departement |
STT Berita Hidup
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Sekolah Tinggi Teologi Berita Hidup : STT BERITA HIDUP KARANGANYAR., 2022 |
Edisi |
In Press
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Lembaga Penerbit
|
Doi |